Rabu, 27 Juli 2016

Bos Google Maps Bicara Pokemon Go Hingga Aplikasi Lokal


PT Kontak Perkasa Google Maps memilih Indonesia sebagai negara pertama di Asia Tenggara yang diberikan fitur transit real-time. Direktur Suren Ruhela mengatakan salah satu alasannya adalahh ekosistem teknologi di negeri ini yang mendukung.

Selain itu, Ruhela juga berbicara mengenai perkembangan aplikasi lokal yang dia nilai menunjukkan tanda-tanda bagus. Menurutnya, ekosistem teknologi di Indonesia terus berevolusi dan mendukung pengembangan produk-produk perusahaannya.

Berikut adalah petikan wawancara wartawan CNNIndonesia.com, Rinaldy Sofwan Fakhrana, dengan Suren Ruhela di Jakarta:

Bagaimana Anda melihat perkembangan aplikasi lokal berbasis geo-lokasi di Indonesia?

Lokasi sangat-sangat penting bagi banyak aplikasi, terutama aplikasi ponsel. Hal ini didukung dengan keberadaan GPS di ponsel pintar saat ini. Walau saya tidak tahu berapa aplikasi lokal yang menggunakan API Google Maps, saya tahu beberapa aplikasi lokal seperti Gojek yang menggunakannya.

Saya yakin banyak aplikasi lain yang menyediakan informasi lokal seperti alamat bisnis, olahraga, tempat makan, saya yakin aplikasi-aplikasi itu menggunakan semcam peta dan banyak di antaranya menggunakan API Google Maps.

Apa Google mendapatkan keuntungan dari aplikasi yang memakai Google Maps?

Google menawarkan beberapa opsi untuk penggunaan Google Maps bagi perusahaan. Ada banyak pilihan yang disediakan dan saya bukan orang yang paling cocok untuk ditanyai hal tersebut.

Walau begitu, saya yakin solusi ini, jika Anda menggunakannya untuk mendapat keuntungan, adalah solusi berbayar. Anda dapat melihat pilihan yang tersedia di Portfolio kami.

Bagaimana dengan Pokemon Go, apa mereka menggunakan API Google Maps juga?

Ya, Pokemon Go, jika Anda melihat permainan tersebut, peta yang digunakan tidak jauh berbeda dengan yang ada pada Gojek. Hanya saja, di Gojek Anda melihat di mana lokasi Ojek, sementara di sini anda melihat Pokemon.

Mereka menggunakan peta kami sebagai sebagai satu lapisan. Di atasnya, mereka menggunakan lapisan lain milik mereka sendiri

Ada komentar terkait masalah keamanan pada aplikasi ini?

Pokemon Go adalah produk lain, bukan Google Maps. Untuk masalah itu lebih baik tanyakan kepada mereka. Pokemon Go tidak berbeda dengan aplikasi lain yang juga menggunakan peta kami.

Kami punya ketentuan penggunaan API. Tapi, apa yang Anda lakukan sebagai pengembang aplikasi adalah terserah Anda. Anda ingin melacak truk, armada, taksi, atau pokemon, itu terserah Anda.

Secara umum, bagaimana Anda melihat situasi perkembangan aplikasi lokal di Indonesia?

Berdasarkan apa yang saya baca, ada tanda-tanda yang sangat baik dalam hal evolusi lingkungan teknologi di sini. Banyak startup, konektivitas internet dan penetrasi telepon pintar. Ini adalah indikator utama evolusi ekosistem teknologi.

Menurut saya, laju perkembangannya cukup baik. Yang perlu dilakukan adalah melanjutkan investasi di arah ini. Kami sangat senang berada di sini, memenuhi kebutuhan pengguna akan navigasi dan menjelajahi dunia.

Jadi, kami adalah salah satu dari mereka, salah satu di antara startup di Indonesia. Kami terus berinvestasi untuk membuat peta yang sangat berguna di Indonesia. Banyak pengguna internet di sini. Begitu mereka mencoba aplikasi dan melihat kegunaan aplikasi kami, mereka akan terus menggunakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar